Daerah  

Bupati Samosir Buka Tao Toba Jou Jou X Digifest

CORAKNEWS.COM, SAMOSIR – Tao Toba Jou Jou X Digifest merupakan suatu upaya akselerasi ekonomi dan promosi perdagangan melalui dukungan pariwisata dan UMKM yang turut berkontribusi dan bersinergi mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia, bangga wisata Indonesia.

Selain itu juga untuk penguatan ekosistim digital dalam pembayaran melalui QRIS melihat Danau Toba yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Acara yang yang dikemas dengan berbagai event akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dan dibuka secara resmi oleh Pj. Gubsu diwakili Kepala Inspektur Lasro Marbun bersama Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sibolga Riza Putera dan Bupati Samosir Vandiko T. Gultom yang ditandai dengan pemukulan gendang di Komplek Water Front Pangururan, Sabtu (20/07/2024).

Turut hadir Dandim 0210 TU Saiful Rizal, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Sekretaris Daerah Kota Sibolga Juneidi Tanjung, Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Marudut Tua Sitinjak, Kejari Samosir Karya Graham Hutagaol, DPRD Kabupaten Samosir Marco Simbolon, Kapolres Samosir diwakili Kompol M. S Ritonga, Asa Direktur BI Medan Turut Tiana, Deputi Direktur Kantor Regional V OJK Sumut Yovy Iskandar, para Asisten Sekdakab. Samosir, pimpinan OPD Kabupaten Samosir.

Tao Toba Jou Jou X Digifest 2024 diisi higlight event Pagelaran Budaya, pameran UMKM, Fun Competition, Fun Activity, Talk Show, dan dihibur guest star performance dari Jamrud, Siantar Rap Foundation, D Gorga Band, Eri Zen and Friend dan Opera Batak.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir dan mewakili masyarakat, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bank Indonesia perwakilan Sibolga yang telah memilih Kabupaten Samosir kembali menggelar event yang sangat luar biasa yaitu event Tao Toba Jou Jou X Digifest 2024. Ia menyebutkan kegiatan ini sangat menguntungkan karena melibatkan multi stakeholder, juga diisi dengan berbagai macam kegiatan dan konten acara yang sangat menarik yang tentunya memberikan peningkatan ekonomi kepada para pelaku pariwisata dan UMKM.

“Acara diisi dengan berbagai atraksi seni budaya, terutama adanya spesial performance opera Batak yang mengangkat kearifan lokal. Konten-konten yang ditampilkan pada event ini kami melihat sangat berkualitas bukan hanya sekedar menampilkan konten hiburan semata namun banyak konten-konten edukasi yang sangat baik dalam menambah pengetahuan dan membuka wawasan masyarakat Samosir umumnya” kata Vandiko.

Ditambahkan, sinergitas dengan BI merupakan suatu hal yang istimewa karena melibatkan hampir semua bidang profesi yang berhubungan dengan pariwisata, maka diharapkan seluruh pelaku pariwisata agar betul-betul memanfaatkan event sebaik mungkin. Mengajak masyarakat menjaga citra pariwisata, menyambut seluruh tamu dengan baik dan ramah agar para wisatawan dapat merasa nyaman berkunjung sehingga Samosir semakin baik lagi di mata nasional bahkan internasional.

“Event ini sangat istimewa untuk memperkenalkan produk-produk kita sekaligus memasarkan berbagai produk yang ada di Kabupaten Samosir. Kegiatan ini sangat membawa dampak positif dalam peningkatan perekonomian di Kabupaten Samosir” ungkap Vandiko.

Dalam pembangunan, Vandiko menyampaikan bahwasanya dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Samosir senantiasa selalu mengedepankan dan melaksanakan sinergitas yang baik antara provinsi, pusat dan juga dengan pihak swasta. Hal ini dapat dilihat pasca Covid, pertumbuhan perekonomian Pemkab. Samosir dapat kembali reborn, yang mana angka pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Samosir pada tahun 2023 yang lalu berhasil menyentuh di angka 5,03.

Peningkatan perekonomian dapat dicapai berkat kerjasama seluruh stakeholder dan juga berbagai macam pembangunan dan percepatan pembangunan yang telah dilakukan Pemkab Samosir di berbagai bidang baik itu di bidang infrastruktur, bidang pertanian, bidang UMKM, bidang kesehatan, bidang pariwisata dan lain sebagainya.

“Bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder menyebabkan pertumbuhan ekonomi pasca covid di Kabupaten Samosir dapat menyentuh angka 5,03 tentu dapat dirasakan masyarakat” ucap Vandiko.

Bupati Samosir berharap BI yang sudah banyak membantu program di Kabupaten Samosir dapat kembali menggelar Event Tao Toba Jou Jou dan menjadi Event tetap di Kabupaten Samosir sehingga perekonomian masyarakat dapat semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pj. Gubsu diwakili Kepala Inspektur Lasro Marbun memuji pertumbuhan ekonomi Kabupaten Samosir yang berada diatas Provinsi Sumatera Utara. Sebagai DPSP Kabupaten Samosir diharapkan harus menjadi bagian digital culture yang dimulai dari sejak dini, mulai dari sekolah dasar sehingga menghasilkan SDM mampu menjadi agen maupun semacam guide. Sebagai bagian dari masyarakat Samosir, Lasro Marbun berharap hospitality harus tetap digaungkan supaya pariwisata terus bangkit.

Ditambahkan Lasro, untuk pengembangan pariwisata di Samosir perlu peran perbankan sehingga perlu dibentuk forum komunikasi perbankan yang mendukung pengembangan pariwisata.

“Samosir ini sederhana, saya mohon maaf karena saya lahir di sini jadi kepada seluruh rekan-rekan khususnya kepada para bankir, kepada para pengusaha kepada para birokrat, jajaran pemerintah pusat demikian juga pada TNI/Polri dan kejaksaan untuk mendukung pengembangan masyarakat Samosir menjadi masyarakat internasional” kata Lasro.

Diakhir sambutannya, Lasro Marbun berharap Bupati Samosir fokus perubahan ekonomi, dari pertanian ke jasa pariwisata lalu membuat kolaborasi antar regional dan melanjutkan berbagi event nasional maupun internasional.
“banyak festival itu kami catat di provinsi bagian dari keunggulan Samosir , pertahankan terus berbagai event yang sudah terlaksana” ucap Lasro mengakhiri.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sibolga
menyampaikan,Tao Toba Jou Jou X Digifest merupakan kegiatan tahun ke-4 sejak 2021 dan kedua kalinya digelar di Kabupaten Samosir. Pelaksanaan di Samosir tahun ini dapat memberikan multi efek yang lebih besar terhadap pengembangan kualitas pariwisata Danau Toba secara umum karena Samosir saat ini menjadi jantung pengembangan DPSP Danau Toba.

Mengangkat tema “Sinergi akselerasi Danau Toba menuju destinasi pariwisata berkelas dunia”, Riza Putera mengatakan
bahwa Danau Toba dengan alam dan budaya yang sangat menarik, memiliki kesan yang majestic menjadi alasan kuat menjadi destinasi pariwisata Danau Toba yang layak dikembangkan.

Diharapkan “majestic danau Toba” menjadi new branding dan dikampanyekan secara bersama sama dikawasan Danau Toba.

Akselerasi Danau Toba sebagai quality tourism dan memiliki peran transformasi menjadi destinasi yang menyasar wisatawan mancanegara yang high quality dan high spender. “Kami mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir yang telah menemukan berbagai upaya dalam mewujudkan pariwisata Samosir yang berkualitas dan berkelanjutan. Kami juga mengajak kepada pemerintah Kabupaten Samosir untuk semakin menggencarkan promosi digital destinasi dan paket wisata di e-commerce dan reaktivasi atraksi wisata” kata Riza Putera.

Kepala BI Perwakilan Sibolga mengajak seluruh tamu, para stakeholder untuk menyusuri seluruh boot stand UMKM yang ada di waterfront dan berbelanja produk UMKM menggunakan Qris. (SS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *