Terinspirasi dari Star Wars, Motor Terbang akan Dijual Tahun Ini

Jakarta (CN) Perusahaan asal Jepang, Aerwins Technologies akan menjual motor terbang pertama di dunia, Hoverbike XTURISMO mulai tahun ini. Menurut laman resmi Aerwins Technologies, motor tersebut terinspirasi dari Star Wars dan merupakan manifestasi dari impian berkendara di udara.

Dilansir dari Tomorrow’s World Today, motor ini hadir dengan dua rotor tengah besar yang ditenagai oleh motor Kawasaki bertenaga 228 hp, yakni sebuah mesin yang dirancang untuk sepeda motor.

Lalu, terdapat pula empat kipas kecil di tepi luar kendaraan yang ditenagai motor listrik untuk memberikan stabilitas. Motor ini diklaim dapat terbang selama 40 menit dan mencapai kecepatan hingga 62 mil per jam.

Dilaporkan, XTRUSIMO akan dijual di Amerika Serikat (AS) pada tahun 2023 dengan harga US$777 ribu atau sekitar Rp11,8 miliar (asumsi kurs Rp15.194/US$). CEO Aerwins Technologies, Shuhei Komatsu berharap perusahaannya dapat menurunkan biaya hingga US$50 ribu atau sekitar Rp759,5 juta untuk model listrik yang lebih kecil pada 2025.

Sebelumnya, XTRUSIMO telah memulai ‘debut’ di AS pada September 2022 lalu di Detroit Auto Show dengan membawa sejumlah peserta untuk uji coba, salah satunya adalah co-chair pameran, Thad Szott.

“Ini luar biasa. Tentu saja ada sedikit kekhawatiran, tetapi saya sangat bersemangat. Saya benar-benar merinding dan merasa seperti anak kecil,” ujar Szott, dikutio Kamis (23/2/2023).

Aerwins mengatakan, tujuan perusahaannya menciptakan XTRUSIMO adalah untuk penggunaan di kota yang padat. Selain itu, Aerwins juga mengatakan bahwa motor terbang ini bisa digunakan untuk bantuan bencana, misi pencarian dan menyelamatan, hingga inspeksi infrrastruktur.

Guna menambah ekspansi globalnya, Aewins Technologies resmi bergabung dengan Pono Capital Corp untuk dapat terdaftar dan berdagang di NASDAQ.(cnbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *