AS Tersingkir 16 Besar Piala Dunia Wanita 2023

Melbourne (CN) Juara bertahan Amerika Serikat dikandaskan Swedia di Babak 16 Besar Piala Dunia Wanita 2023. Alex Morgan dkk. bahkan tersingkir dengan membawa catatan buruk.

AS menghadapi Swedia di Melbourne Rectangular Stadium, Minggu (6/8/2023). AS meski tampil dominan gagal menciptakan gol sepanjang 90 menit waktu normal.

Ketangguhan kiper Swedia Zecira Musovis mementahkan segala peluang yang didapat AS. Setelah berimbang tanpa gol selama 120 menit, laga harus dituntaskan lewat adu penalti.

Swedia akhirnya menang dengan skor 5-4 setelah lima dari tujuh penendangnya sukses menyarangkan gol. Sementara, tiga pemain AS gagal seperti Megan Rapinoe, Sophia Smith, dan Kelly O’Hara.

Alhasil, AS pun harus tersingkir dari Piala Dunia yang biasa dikuasai mereka. Ini juga jadi kali pertama AS tidak finis tiga besar sejak turnamen dihelat 1991.

Tidak seperti timnas prianya, timnas wanita AS memang digdaya di sepakbola dengan empat gelar Piala Dunia. Mereka adalah tim tersukses, mengungguli Jerman (2x) dan Norwegia serta Jepang (1x)

Brasil saja bahkan tidak pernah menjadi juara Piala Dunia Wanita. Tapi, hegemoni itu harus selesai saat ini juga bersamaan dengan catatan buruk lainnya, yakni terkait produktivitas.

AS cuma bikin empat gol dari tiga pertandingan fase grup, itu pun kebanyakan dibuat ke gawang Vietnam dengan skor 3-0. Ini adalah catatan gol paling minim yang dibuat The Star and Stripes selama mengikuti Piala Dunia.

Kekalahan AS ini juga menandai berakhirnya karier Megan Rapinoe, peraih Ballon d’Or 2019, yang memutuskan gantung sepatu tahun ini. Sementara Swedia akan bertemu Jepang di babak perempatfinal 11 Agustus.

Sementara perempatfinalis lainnya adalah Spanyol yang bersua Belanda. Masih ada empat pertandingan 16 besar tersisa yang dihelat 7-8 Agustus. (dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *