Ragam  

Besok Puluhan Ribu Buruh Unjuk Rasa ke Istana Merdeka

Jakarta (CN) Partai Buruh akan melakukan aksi unjuk rasa di Istana Merdeka besok. Isu utama yang akan disuarakan terkait penolakan isi Perppu No 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

“Partai Buruh akan melakukan aksi unjuk rasa puluhan ribu buruh di Istana Merdeka pada tanggal 14 Januari 2022,” kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1/2023)

Terdapat 9 poin penolakan yang akan disampaikan oleh para buruh. Beberapa di antaranya terkait permasalahan upah minimum, pesangon, jam kerja, hingga masalah cuti.

“Isu utama yang akan disuarakan dalam aksi tersebut adalah menolak isi Perppu No 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Setidaknya ada 9 poin yang ditolak kalangan buruh, yaitu terkait dengan permasalahan upah minimum, outsourcing, pesangon, karyawan kontrak, cuti, jam kerja, tenaga kerja asing, PHK, hingga sanksi pidana yang dihilangkan,” tuturnya.

Ia mengatakan aksi ini akan digelar secara serempak di berbagai kota. Nantinya para buruh yang melakukan aksi di Istana akan lebih dulu berkumpul di Irti Monas pada pukul 09.30 WIB.

“Selain di Istana, secara serempak aksi juga akan dilakukan di berbagai kota industri,” kata Said Iqbal.

Disebutkan, setelah melakukan aksi, massa akan bergerak ke Sport Mall Kelapa Gading untuk menghadiri Deklarasi Darah Juang dan pembukaan Rapat Kerja Nasional Partai Buruh. Said Iqbal mengatakan dalam Rakernas, Partai Buruh akan menentukan Capres dan Cawapres yang akan didukung oleh Partai Buruh.

“Kami juga akan mengkaji kemungkinan untuk menggugat presidential threshold, sehingga partai politik yang saat ini memiliki kursi di parlemen dan partai baru memiliki hak yang sama untuk bisa mendukung calon presiden,” ujarnya.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *