Bupati Eddy Berutu Hadiri Pelantikan PPTSB Dairi Minta Marga Sinaga Jaga Soliditas

Dairi (CN) Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri pelantikan pengurus cabang Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Kabupaten Dairi, Minggu (10/9/2023) di Pelataran Gedung Nasional, Sidikalang.

Dalam kegiatan ini, Drs. Hendron Sinaga dilantik jadi ketua PPTSB cabang Dairi.

Sebagai sebuah perkumpulan marga Batak terbesar di Indonesia, secara khusus di Kabupaten Dairi, Bupati Eddy Berutu berpesan agar senantiasa menjaga soliditas dan ambil peran dalam pembangunan.

Dia menjabarkan, PPTSB adalah sebuah kumpulan marga yang dibangun oleh para pendahulu yang tentu mesti dijaga kerukunannya.

“Marga Sinaga khususnya PPTSB memiliki peran yang penting yang senantiasa kita jalankan yakni nilai-nilai tradisional dan budaya.Tugas kita adalah menjaga niiai nilai dari para pendahulu kita itu,” katanya.

Eddy Berutu juga menyebutkan bahwa nilai religius, goyong-royong yang dicontohkan para pendahulu kita wajib kita tularkan pada generasi selanjutnya.

“Yang saya pahami, nilai yang kita pakai adalah gotong royong, religius, dan tangguh di manapun berada. Ini juga yang membuat Marga Sinaga menjadi marga yang sangat besar. Nama besar itu juga ada di Dairi. Oleh karena itu saya menyampaikan kepada ketua yang baru, mari melaksanakan tugas masing-masing untuk kembalikan kejayaan dan nama besar PPTSB di Dairi,” ujarnya mengakhiri.

Sebelumnya Ketua Umum PPTSB Indonesia dan Dunia, Ir. Edison Sinaga menyebutkan bahwa tahun 1987 Dairi jadi tuan rumah Musyawarah Besar (mubes) Marga Sinaga. Mubes ini jadi tonggak sejarah dan bukti betapa besar marga ini.

“Saya ingin kekompakan, kesamaan visi misi dari seluruh pomparan yang tergabung dalam PPTSB. Perbedaan itu pasti ada, namun membangun kesamaan pikiran menjadi hal mutlak dalam kumpulan ini. Kita rajut kembali kesatuan itu,” ujarnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini unsur forkopimda, Ketua PN Dairi Monita Honesty Sitorus, Wakil Ketua DPRD Wanseptember Situmorang, mewakili Dandim 0206 Dairi, Lettu Inf.B.Sinaga, Mewakili Kapolrss Dairi, AKP.Lamhot Sinaga, pj.Sekda Charles Bancin, Pimpinan OPD dan beberapa camat, Pembina PPTSB Mangihut Sinaga, Bupati Simalungun sekaligus ketua wilayah Sumut 2, Radiapoh Sinaga, para penasehat, ketua cabang PPTSB se-Indonesia, para pengurus baru serta para pomparan Sinaga se-Kabupaten Dairi. (R2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *