Daerah  

Hadiri Pesta Tugu Silahisabungan, Bupati Eddy : Saya Apresiasi Pelestarian Adat dan Budaya

Dairi (CN) Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengapresiasi seluruh Raja Turpuk Pomparan Silahisabungan serta seluruh masyarakat Silalahi atas konsistensi dan kerja keras dalam melestarikan budaya secara turun temurun yang diwujudkan dalam rangkaian kegiatan Pesta Tugu Silahisabungan.

Hal ini disampaikan Eddy Berutu dalam sambutannya pada Pesta Budaya Luhutan Bolon Ualu Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Batu Raja Tahun 2023, Kecamatan Silahisabungan, Minggu (26/11/2023).

“Perkembangan teknologi dan arus globalisasi yang semakin pesat mengakibatkan beberapa negara atau daerah kehilangan identitasnnya. Namun, suatu kebanggaan yang besar ketika keturunan Raja Silahisabungan dapat mengikuti perkembangan zaman tanpa harus kehilangan identitasnya dan tetap melestarikan adat istiadatnya,” ucapnya.

Menurut Eddy Berutu, selain melestarikan adat dan tradisi budaya, diharapkan Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan juga dapat membangun tugu hidup yang dapat dikenang dan diharapkan dapat dilanjutkan oleh pomparan Raja Silahisabungan secara khusus kaum remaja dan pemuda untuk meneruskannya.

Disampaikannya, Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan tahun 2023 dapat menarik minat para wisatawan domestik maupun mancanegara, karena kegiatan ini merupakan pariwisata berbasis budaya.

“Kita juga bersyukur karena pada 22-23 November kemarin kita berhasil menjadi tuan rumah dalam event internasional Aquabike, di mana hal ini menjadi kebanggaan kita bersama dan tentu hal ini mendapat antusiasme yang luar biasa, mendatangkan wisatawan, dan mengenalkan Silahisabungan ke mata dunia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Eddy menyampaikan Perayaan Ulang Tahun Tugu Raja Silahisabungan yang dilaksanakan pada tahun ini mengusung tema “Peliharalah Kasih Persaudaraan dalam ke Bhinnekaan” sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Dairi di mana harmoni keberagaman merupakan hal yang patut disyukuri dan dijaga.

“Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Dairi, maka akan diusulkan agar kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan nasional dan mengembangkan sarana prasarana wisata Silahisabungan sehingga bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia bahkan luar negeri,” katanya. (rel/R2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *