Daerah  

Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Hadiri Vaksin Polio di Puskesmas Batang Beruh

Dairi (CN) Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu hadiri kegiatan pencanangan Sub PIN Polio di Puskesmas Batang Beruh Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin (13/2/2023).

Adapun kegiatan tersebut sehubungan dengan surat Kementerian Kesehatan No. 01.01/C.IV/445/2023 tentang adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio VDPV2 di Pidie Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) beberapa waktu lalu.

Untuk itu, khusus Kabupaten Dairi akan dilakukan berupa SUB PIN Polio pada seluruh balita yang ber usia 0 – 59 bulan, teritung dari hari ini Senin, 13 Februari – 20 Februari 2023.

Dalam kegiatan tersebut tampak yang mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Camat Sidikalang Swanto Sitakar, S.STP.,M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr. Henry Manik, Lurah Bintang Hulu Hairul Anwar Bintang, S.AP, Kepala UPT Puskesmas Batang Beruh dr. Eva Sinulingga, Lurah Sidiangkat Mawardy S. Tumangger, S. AP, Lurah Batang Beruh Novlentina Pasi, S.Si, M.AP, Tokoh Masyarakat dan unsur Forkopimca.

Camat Sidikalang, Swanto Sitakar, S.STP.,M.Si, dalam sambutannya mengatakan, polio ditularkan melalui air dan makanan yang terkontaminasi atau kontak dengan orang yang terinfeksi.

Banyak orang yang terinfeksi virus polio tidak menjadi sakit dan tidak memiliki gejalanya. Namun, orang yang sakit akibat virus polio berisiko mengalami kelumpuhan yang terkadang berakibat fatal.

Lanjut Sitakar,  untuk itu dia menganjurkan anak-anak agar dibawa untuk mendapatkan vaksin yang lengkap dan berharap Lurah atau Kepala Desa agar mendukung suksesnya pelaksanaan vaksin Polio dengan mengarahkan dan mensosialisasi pentingnya vaksin pada anak usia dini, jelasnya.

“Dengan diadakannya pencanangan SUB BIN Polio ini, diharapkan para orangtua yang memiliki bayi mapun balita untuk berperan aktif dalam membawa anaknya agar mendapatkan vaksin secara lengkap demi tumbuh kembang yang baik,” pungkasnya.(R2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *