Daerah  

Mendukung Kejayaan Kopi Dairi, Petani Milenial Huta Napa Parbuluan Diberi Penyuluhan

Dairi (CN) Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Parbuluan melakukan pelatihan kepada Kelompok Tani Muda Mudi Huta Napa, Desa Parbuluan III, Kecamatan Parbuluan, Senin (10/4/2023).

PPL Desa Parbuluan II Johanes Purba menyampaikan pelatihan ini dilakukan untuk mendukung program Bupati Dairi Eddy Berutu yaitu mengembalikan kejayaan Kopi Dairi.

“Yang kita latih adalah petani muda termasuk petani milenial. Kita harapkan program Bupati Dairi dapat terwujud dan terlaksana,” kata Johanes.

Selain mengembalikan kejayaan Kopi Dairi, ujar Johanes, pelatihan juga dilakukan pada tanaman hortikultura.

“Terlebih di Parbuluan merupakan sentra tanaman hortikultural seperti cabai, kentang, kubis, dan tomat. Jadi kita juga mengadakan pendampingan kepada seluruh petani,” ujar Johanes.

Lebih lanjut, Johanes menyampaikan sistem pelatihan yang diterapkan adalah diskusi, sehingga terjalin komunikasi dua arah antara petani dan penyuluh.

“Pertemuan selanjutnya kita akan buat praktik lapangan sehingga petani kita mengenal, ini hamanya, ini serangannya, ini penyakitnya dan ini cara pengendaliannya,” kata Johanes.

Selanjutnya Johanes menyampaikan, bukan hanya mengembalikan kejayaan Kopi Dairi, program ini juga untuk mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Dairi yaitu Agri Unggul. (R2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://www.jelajahnews.id/