Palestina Angkat Bicara soal Israel di Piala Dunia U-20

Jakarta (CN) Polemik soal kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 terus bergulir. Palestina ikut angkat bicara. Apa kata mereka?
Israel jadi satu dari 24 tim yang lolos ke Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni masih jadi polemik. Itu tak lepas dari posisi Indonesia yang mendukung Palestina pada konflik dengan Israel.

Apalagi, Indonesia juga tidak punya hubungan politik dengan Israel. Muncul kabar, kalau Timnas Israel akan main di Bali bukan di Jakarta pada Piala Dunia U-20 nanti.

Meski demikian, ide itu kabarnya juga mendapat penolakan dari Gubernur Bali I Wayan Koster. Maka ada kans laga-laga yang melibatkan Israel akan dipindahkan ke Singapura sebagai negara terdekat yang punya hubungan diplomatik.

Terkait pro-kontra Israel tersebut, Palestina buka suara. Pemerintah negara itu justru tidak mempermasalahkan keikutsertaan Timnas Israel tersebut.

Palestina paham betul posisi Indonesia sebagai tuan rumah harus mengikuti aturan FIFA, serta memastikan segalanya berjalan dengan baik.

“Keikutsertaan masing-masing negara dalam event ini tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak suka dengan suatu negara, karena setiap negara ikut serta sebagai bagian dari kompetisi yang berjalan sesuai aturan yang berlaku,” ujar Zuhair dalam keterangannya.

Palestina menghargai kewenangan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dan tidak ingin mengintervensi keputusan terkait Israel.

Zuhair yakin bahwa sekalipun Indonesia mengizinkan Israel untuk datang ke Tanah Air, dukungan kepada Palestina tidak akan pernah berubah. Indonesia disebut selalu konsisten dan teguh dalam mendukung isu Palestina baik dalam berbagai forum regional, bilateral, maupun multilateral.

“Apa yang saya sampaikan merupakan salah satu yang ingin memupus adanya keraguan di kalangan banyak pihak. Dari apa yang saya lihat, dengar, rasakan, dan temui dari berbagai pejabat-pejabat resmi di Indonesia, dukungan Indonesia terhadap isu Palestina tidak akan pernah berubah,” tegas Zuhair.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *