Rinov/Pitha Menang Indonesia Juara

Dubai (CN) Indonesia lolos dramatis sebagai juara Grup C Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Tertinggal 0-2, Indonesia bangkit dan kalahkan Thailand 3-2.

Indonesia menghadapi Thailand dalam pertandingan penentuan juara Grup C di Dubai Exhibition Centre, Kamis (16/2/2023) sore WIB.

Pertandingan dibuka dengan partai tunggal putra, dengan Indonesia diwakili Anthony Sinisuka Ginting melawan Sitthikom Thammasin.

Anthony Ginting secara mengejutkan takluk dari Thammasin yang berperingkat 29 dunia. Tunggal putra Indonesia yang menempati peringkat 3 itu kalah telak 9-21 dan 12-21 dalam tempo 41 menit.

Indonesia tertinggal 0-2 dari Thailand setelah kembali kalah di nomor tunggal putri. Gregoria Mariska Tunjung yang menghadapi Busanan Ongbamrungphan takluk 18-21 dan 15-21.

Indonesia menjaga asa lewat partai ketiga dari nomor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menaklukkan Pharanyu Kaosamaang/Worrapol Thongsa-Nga lewat partai tiga gim 21-13, 19-21, dan 21-16.

Dari nomor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dibuat kerepotan menghadapi pasangan Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard. Apriyani/Fadia kehilangan gim pertama, lalu comeback dan menang 18-21, 21-16, dan 21-14.

Kemenangan Apriyani/Fadia membuat pertandingan ditentukan di partai terakhir dari nomor ganda campuran, karena skor 2-2. Indonesia menurunkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melawan Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong.

Pada partai penentuan ini, Rinov/Pitha mampu mengatasi tekanan untuk menang straight game 21-18 dan 21-19. Hasil ini sekaligus memastikan Indonesia menang 3-2 dan menjadi juara Grup C Badminton Asia Mixed Team Championships 2023.

Indonesia memenangi seluruh empat pertandingan fase grup, disusul Thailand yang menelan satu kekalahan. Bahrain, Suriah, dan Lebanon melengkapi posisi 3-5.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *