Banjir Bandang Sembahe Seret Mobil Avanza, Masyarakat Dihimbau Waspada

Medan (CN) Bencana alam berupa banjir bandang terjadi di Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (30/4/2023).

Camat Sibolangit, Hesron mengatakan, masih mendata dan belum ada ditemukan korban jiwa. “Belum ada korban, kami lagi pendataan. Debit air naik lagi,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Deliserdang, Amos Karo-Karo terkait video mobil berwarna putih ikut terseret arus mengatakan, mobil sudah ditemukan pemerintah desa Sembahe. Kondisi pemilik mobil tersebut hanya mengalami syok akibat mobilnya menjadi korban banjir.

“Iya sudah ditemukan oleh perangkat desa tadi,” ujarnya melalui seluler kepada wartwawan.

Lanjut Amos pemilik mobil tersebut merupakan warga Padang Bulan Kota Medan atas nama Hendrik Sitompul dan telah dipulangkan perangkat desa menggunakan mobil angkutan umum dari Sembahe menuju Medan, katanya.

Diketahui, mobil avanza putih yang terseret banjir bandang tersebut telah ditemukan dengan kondisi ringsek oleh warga dengan jarak sekira satu kilometer dari titik awal mobil terparkir.

“Udah ditemukan di Lembah Gunung, kira kira satu kilometer lebih dari titik awal kondisinya Ringsek parah,”jelasnya.

Jalan Medan-Berastagi Lumpuh

Ruas Jalan Jamin Ginting yang merupakan jalur utama dari Berastagi menuju Kota Medan dan sebaliknya  sempat lumpuh akibat banjir dan longsor.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar mengimbau kepada masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan mudik ke Medan maupun ke arah Berastagi supaya tetap berhati-hati.

“Kita lihat pada saat ini cuaca sangat ekstrim, apalagi melintasi perbukitan seperti sekitar Penatapan dan Tahura Bukit Barisan supaya tetap berhati-hati di jalan,” ujarnya.

Lanjutnya, apabila nantinya terjadi perlambatan dan antrean lalu lintas agar tidak saling mendahului dan tetap patuhi peraturan serta arahan petugas dilapangan.

“Kita terus berupaya maksimal perjalanan lintas Kabupaten Karo dapat berjalan aman dan lancar, personil sudah terjajar di setiap pos pos pengamanan yang rawan terjadi kepadatan,” jelasnya

Tetap Waspada

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah I, Budi Prasetyo mengimbau agar masayarakat tetap waspada dengan perubahan cuaca yang cukup ekstrim terjadi di kawasan Sumatera Utara.(R2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *