Ginting Sudah Percaya Diri Siap Tampil Kembali

Jakarta (CN) Pelatih tunggal putra Irwansyah mengungkap kondisi Anthony Sinisuka Ginting sepulangnya dari Badminton Asia Mixed Team Championship 2023 Dubai. Juara Singapore Open 2023 itu sudah kembali ke performa awal.

Ginting sempat mengalami ketidakpercyaan diri saat tampil di babak penentuan Grup C Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia di Dubai Exhibiton Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, yang rampung 19 Februari lalu.

Kala itu, Indonesia menang atas Thailand dengan skor 3-2. Namun dua kekalahan yang ditelan Merah-Putih, salah satunya karena kegagalan Ginting mengatasi Sitthikom Thammasin. Ia kalah telak dengan skor 9-21, 12-21.

Kekalahannya itu membuat tim pelatih tak lagi menurunkan Ginting saat berjumpa Korea Selatan di babak knock out. Tim Indonesia mengganti Ginting dengan Chico Aura Dwi Wardoyo, walau hasil akhirnya tim Garuda tetap kalah dari tim negara yang terkenal dengan K-pop tersebut 1-3. Satu-satunya kemenangan tunggal dipersembahkan Chico.

“Kemarin Ginting bukannya kena mental, tapi di Kejuaraan Asia Beregu Campuran itu karpetnya licin banget. Sebenarnya bukan alasan dia kalah. Biasanya saya tidak mau ada omongan seperti itu.,” kata Irwansyah, pada Kamis (23/2/2023).

“Tapi di Kejuaraan itu memang karpetnya licin, jadi sedikit dia bergerak, dia kan mainnya cepat, mau jatuh terus, kepeleset terus. Jadi dengan kepeleset itu, dia jadi tidak percaya diri untuk bergerak ke mana saja,” ujarnya.

“Saya sendiri hampir mengatakan ke Ginting agar dia tidak memikirkan itu. Terus saja bertanding, tapi dia kepeleset terus. Tidak hanya saat dia smes saja, tapi waktu ambil bola ke belakang juga dia mengalami hal yang sama. Dia jadi tidak punya kepercayaan diri untuk mengatur strategi dan ragu terus.”

“Makanya, saya bilang ke dia, besok jangan (tanding) dulu, karena memang tidak bisa diganti karpetnya. Kecuali sepatu atau apa bisa diganti. Jadi bukan karena mental tapi konsentrasinya hilang,” dia mempertegas.

Meskipun begitu, Irwansyah memastikan, Ginting sudah kembali ke performa semula. Kepercayaan dirinya juga dinilai sudah kembali seiring latihan yang dia lakukan saat di Dubai hingga setibanya di Tanah Air.

“Baik di sana maupun sepulangnya dari Dubai pun, Ginting sudah mulai latihan lagi. Malah bagus, maksudnya setelah dia kalah, saya turunkan Chico. Tapi Ginting. sudah naik lagi, latihannya berat lagi. Dia tidak berhenti latihan sejak dari Dubai, makanya program latihannya bagus terus,” ujarnya.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *