Ragam  

Ini Strategi Menghadapi Ujian Bagi Mahasiswa Politeknik Prodi D3 Akuntansi

Medan (CN) Dalam keseharianya, ada banyak pekerjaan, tantangan dan tuntutan yang harus dijalankan oleh mahasiswa, antara lain pembuatan bermacam tugas, laporan, makalah maupun ujian yang merupakan salah satu bentuk evaluasi bagi mahasiswa yang dilakukan secara rutin. Berbagai hal
dan situasi juga dapat mempengaruhi keberhasilan mahasiswa atau justru menghambatnya.

Prestasi belajar mahasiswa bisa dipengaruhi oleh faktor internal seperti keadaan jasmani dan rohani mahasiswa dan eksternal seperti kondisi lingkungan diluar individu.

Ujian merupakan salah satu cara mengevaluasi mahasiswa terhadap suatu materi belajar dan juga sebagai sumber kecemasan bagi mahasiswa dan terdapat hubungan yang negative antara kesabaran dengan stress menghadapi ujian.

Sejak tahun 2020 sampai tahun 2022 Indonesia, bahkan dunia dilanda pandemic Covid-19, yang
mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara online.

Permasalahan mahasiswa yang diakibatkan oleh kuliah online terbesar di lihat dari faktor akademik adalah bahwa mahasiswa mengalami kesulitan atau kurang jelas dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen, media pembelajaran hanya PPT dan media suara, belum lagi masalah keuangan, terisolasi
merasa sendirian akibat pandemic sehingga kurangnya berkomunikasi dengan orang lain.

Proses belajar mengajar online ini menghadapi banyak kendala antara lain, ketersediaan jaringan internet, penyediaan materi online bagi dosen, termasuk pengawasan langsung terhadap mahasiswa yang sedang menerima pelajaran, serta banyaknya tugas tidak sebanding dengan minimnya penjelasan dosen.

Kondisi terkini mahasiswa Politeknik Negeri Medan Prodi Akuntansi juga tidak terlepas dari
permasalahan diatas, sehingga dilakukanlah penyuluhan/penyadaran agar mahasiswa dapat
menghadapi ujian yang sekarang ini sudah dilakukan secara offline.

Harapannya mahasiswa akan lebih percaya diri saat mengikuti evaluasi belajar yang telah diikuti.

Penyuluhan dilaksanakan secara online melalui zoom yang difasilitasi oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan International Mind Technology, diikuti oleh 112 orang dari 128 orang mahsiswa semester 3 di prodi Akuntansi Polmed.

Penyuluhan dengan tema strategi menghadapi ujian online mahasiswa. Polmed Prodi D3 Akuntansi semester III, diberikan oleh Dra. Dameria Naibaho, M.Si.,Ak dan Rosmaida Tambun, S.E., M.Si. adalah dosen tetap di Politeknik Negeri Medan.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yaitu kelompok mahasiswa ni dibantu oleh mahasiswa Polmed yaitu Dina Marune Sigalingging, mahasiswa Semester 5 di Prodi Akuntansi.

Hasil evaluasi kinerja penyuluhan terlihat pada saat pelaksanaan ujian Tengah Semester tidak ada masalah yang mengganggu jalannya ujian.
Strategi menghadapi ujian bagi mahasiswa dapat mengikui petunjuk teknis berikut yaitu:
1. Langkah jika ingin keluar dari masalah, identifikasi masalahmu, buat alternatip pilihan,
pilih opsi terbaik, dan lakukan opsi terbaik tersebut
2. Permasalahan bagi mahasiswa bisa terdiri atas, masalah selama belajar, masalah menghadapi ujian dan masalah setelah selesai kuliah
3. Strategi menghadapi ujian online adalah dengan cara:
b. Mencari tahu tentang ujian yang akan dijalani apakah offline atau online
b. Meminta bantuan
c. Membuat Ringkasan
d. Membuat jadwal belajar
e. Menyingkirkan distraksi
f. Hindari stress di malam sebelum ujian.(rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *