Daerah  

Ketum Toga Sitinjak Poltak Urbanus Sitinjak Bangun dan Resmikan Pompa Air Tenaga Surya Di Desa Sitinjak, Buka Peluang Kesejahteraan

CORAKNEWS, SAMOSIR – Membantu masyarakat didataran tinggi Pulau Samosir dalam mendapatkan air bersih yang didukung perkembangan teknologi tenaga surya menjadi energi listrik, mendorong seorang pengusaha sukses asal Samosir Poltak Urbanus Sitinjak, yang juga Ketua Umum Toga Sitinjak Indonesia membangun pompa air tenaga surya terapung secara swadaya di Danau Toba, perairan Desa Sitinjak, Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir.

Dimana hari ini Sabtu 10 Februari 2024, Ketum Toga Sitinjak Indonesia Poltak Urbanus Sitinjak resmikan penggunaan pompa air tenaga surya terapung bersama- sama warga masyarakat.

Peresmian pompa air tenaga surya terapung tersebut diawali dengan ibadah syukur.

Poltak Urbanus Sitinjak menyampaikan, akan membangun 3 (tiga) unit pusat pompa air di wilayah Desa Sitinjak, dimana 2 (dua) unit sudah beroperasi diantaranya di dusun 2 dengan kapasitas 5 – 7 liter/detik dan pompa didusun 1 dengan kapasitas 1 – 2 liter/detik, dimana saat ini air bersih sudah dirasakan ratusan warga masyarakat desa, dan akan menjangkau seluruh rumah warga dalam mendapatkan akses air bersih.

Untuk mencapai dipengunungan Desa Sitinjak direncanakan akan dibangun pompa ketiga di dusun 3, Huta Tanding, yang akan memompa air sampai kegunung, dengan membangun boster estafet hingga menjangkau titik paling jauh dipengunungan Desa Sitinjak dimana ada marga Sitinjak, seperti Huta Pangambatan, Rinahorn dan Siapporik, jelasnya.

Dengan terbangunnya pompa air tenaga surya tersebut Poltak Urbanus Sitinjak berharap akan tumbuh ide- ide ekonomi kerakyatan. Karena dengan tersedianya akses air, warga akan dapat memanfaatkan untuk kebutuhan pertanian dan beternak, hingga ekonomi kerakyatan bertumbuh, tambahnya. (SS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *