Menkeu AS Ungkap Ancaman Ekonomi Global Imbas Perang Rusia dan Ukraina

Jakarta, (CN) Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengungkap ancaman pertumbuhan ekonomi global yang dipicu oleh perang Rusia dan Ukraina. Ancaman itu di antaranya, perlambatan ekonomi, ancaman resesi, gangguan distribusi pangan, dan energi global.

“Tindakan Rusia merupakan penghinaan yang tidak dapat diterima terhadap tatanan global berbasis aturan, dan akan memiliki dampak ekonomi yang sangat besar di Ukraina dan sekitarnya,” kata Yellen dalam kesaksiannya di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR AS dikutip dari CNN, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, perang dan sanksi dari negara-negara lain telah membuat harga pangan dan energi melonjak. Hal itu yang menimbulkan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi atau bahkan resesi selama masa inflasi yang sudah merajalela di seluruh dunia.

Dia mencontohkan dengan inflasi di AS. Yellen bilang inflasi AS saat ini berada di titik rekor dalam 40 tahun. Ia menyebutkan bahwa invasi Rusia sebagai hal yang brutal dan tidak beralasan.

Untuk itu, dia menekankan Departemen Keuangan AS berkomitmen untuk meminta pertanggungjawaban Rusia atas tindakannya. Maka, AS memberlakukan sanksi baru terhadap lembaga perbankan Rusia yakni Sberbank dan Alfa Bank serta ke individu Rusia.

Sanksi baru ini sebagai buntut atas beredarnya gambar pembantaian yang dilakukan Rusia di kota Bucha, Ukraina. Meski demikian, Yellen mengatakan pihaknya masih akan berhati-hati untuk memberikan sanksi kepada Rusia.

Alasannya karena masih banyak negara yang bergantung pada Rusia. Misalnya saja Eropa masih bergantung minyak dari Rusia.

“Masalah pemblokiran ekspor minyak dari Rusia adalah banyak negara, terutama di Eropa, sangat bergantung pada minyak itu. Dan kita kemungkinan akan melihat harga yang meroket jika kita benar-benar melarang minyak,” jelas Yellen.

Kemudian ada Jerman yang disebut akan terpuruk jika berhenti mengimpor gas dari Rusia. Jerman adalah pelanggan energi terbesar Rusia di Uni Eropa, yang bergantung 40% dari gas alamnya.

Kemudian ada Jerman yang disebut akan terpuruk jika berhenti mengimpor gas dari Rusia. Jerman adalah pelanggan energi terbesar Rusia di Uni Eropa, yang bergantung 40% dari gas alamnya.

“Invasi Rusia mengganggu aliran makanan bagi jutaan orang di seluruh dunia dan menyebabkan harga melonjak,” kata Yellen.

Yellen mengatakan Departemen Keuangan akan menekan bank pembangunan multilateral untuk mempercepat bantuan pangan ke negara-negara rentan.(dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *