Polda Sumut dan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Sidak Sejumlah SPBU

Medan, Coraknews – Polda Sumatera Utara bersama PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melakukan pengecekan ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Medan, Rabu (3/4).

Hal ini dilakukan guna menjamin kualitas dan kuantitas produk Bahan Bakar Minyak (BBM) yang disalurkan kepada masyarakat adalah tepat secara kualitas dan kuantitas. Selain itu, turut dilakukan pengecekan stok ketersediaan atau stok BBM menjelang hari raya Idul Fitri 2024.

Direskrimsus Polda Sumut Melalui Kanit 3 Subdit IV Tipidter Kompol Pandu Winata mengatakan, pihaknya bersama Pertamina melaksanakan pengecekan di beberapa SPBU untuk menjamin ketersediaan atau stok BBM menjelang hari raya Idul Fitri.

“Pertama, atensi pimpinan kami yaitu apakah SPBU ini sudah memberikan pelayanan yang tepat untuk masyarakat yang membeli BBM. Terutama kita akan mengatensi apabila ada temuan yang sifatnya pidana, kami akan memproses secara aturan hukum yang berlaku,” jelas Pandu.

Kepolisian, Pertamina, Disperindag terus memonitor dan mengawasi distribusi BBM tepat sasaran dan tidak ada penyalahgunaan.

Ia mengimbau kepada petugas SPBU agar antrean dapat diatur sehingga tidak menimbulkan kemacetan yang meluber ke jalan utama. Terutama mendekati hari raya Idul Fitri yang dimungkinkan akan mengalami peningkatan antrean di SPBU.

Sementara itu Sales Branch Manager Rayon I Medan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Sigit Wicaksono mengapresiasi langkah bersama Pertamina dan Polda Sumut untuk memastikam ketersediaan serta kualitas BBM.

“Terima kasih dan apresiasi khususnya Ditreskrimsus Polda Sumut atas kerjasamanya untuk melakukan pengecekan di SPBU. Pertamina Patra Niaga terus menjamin Standar Operasional Prosedur (SOP) di area SPBU tetap rutin dijalankan setiap hari,” ujar sigit.

Sigit menjelaskan, selain menjamin ketersediaan atau stok BBM, tujuan pengecekan ini juga untuk memastikan dan menjamin tepat jumlah (quantity) dalam penyaluran dan tepat mutu (quality) BBM di SPBU.

“Kami juga melakukan prosedur pengecekan kualitas dan kuantitas BBM di SPBU, pengujian takaran menggunakan bejana ukur dan ditemukan di sini dalam kondisi batas normal sesuai dengan peraturan pemerintah. Prosedur mengenai pengecekan kualitas, salah satunya adalah pengecekan kadar air di tangki timbun dan disaksikan rekan-rekan Polda,” katanya.

Kegiatan pengecekan di Medan dilaksanakan di SPBU 14.201.127 Jalan Sisingamangaraja, dan SPBU 14.202.185 Jalan Panglima Denai, Medan Amplas. Dari hasil pengecekan kedua lokasi SPBU tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran pidana.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum untuk mendukung kelancaran distribusi energi kepada masyarakat. Dengan dukungan dan kerja sama seluruh stakeholder, Pertamina siap melayani masyarakat Sumut yang mudik tahun ini.(rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *