Pemkab Seluruh Indonesia akan Bikin Pusat Promosi Investasi

Jakarta (CN) Kadin Indonesia bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan didukung oleh International Business Association (IBA) serta Badan koordinasi penanaman Modal (BKPM) menyelenggarakan Kadin-APKASI Investment Forum Regional Sumatera.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menjelaskan bahwa acara yang mengangkat tema Peluang Investasi yang Terpercaya dan Aman di Kawasan Sumatera ini adalah sebuah bentuk dukungan Kadin Indonesia untuk mengembangkan kawasan Sumatra melalui kolaborasi antar pemerintah dan sektor swasta.

“Dengan membuka peluang investasi yang aman dan terpercaya, kita dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan juga membangun masa depan kawasan Sumatra yang lebih kuat. Kadin Indonesia siap untuk berkolaborasi, berinovasi, dan berkontribusi demi tercapainya tujuan bersama ini,” ujar Arsjad dalam keterangannya, Rabu (7/6/2023).

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Otonomi, Sarman juga menjelaskan jika PPIT ini dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh pemerintah kabupaten yang ada di kawasan Sumatera sebagai sarana untuk mempromosikan komoditi dan investasi unggulannya, seperti kelapa sawit, karet, hasil
kayu, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara dan gas alam.

Sumatera sendiri terkenal dengan pengolahan hasil bumi, terutama kelapa sawit yang banyak terkonsentrasi di Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, dan Sumatera Utara.

“Karena adanya PPIT ini akan mempermudah para pembeli maupun investor untuk mencari peluang investasi hingga bernegosiasi bisnis. Tak hanya itu, mereka juga mudah untuk mendapatkan informasi awal mengenai potensi daerah tujuannya,” ucap Sarman.

Sarman juga mengatakan jika PPIT akan berpusat di kota Batam karena dekat dengan negara Singapura. Hal ini dikarenakan banyak calon investor yang berada di Singapura sehingga dapat memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi mengenai peluang investasi di sebuah daerah.

“Jadi para calon investor ini nantinya tidak perlu berkunjung ke sebuah daerah tersebut jika ingin mendapatkan informasi lebih mengenai peluang investasi daerah itu. Cukup berkunjung ke PPIT dan mereka sudah bisa mendapatkan data-data yang diinginkan. Para petinggi kabupaten yang ingin menjadi bagian dari PPIT dapat menghubungi APKASI,” jelas Sarman.

Sebagai penutup, acara ini dihadiri oleh 15 Bupati bersama Kepala Dinas daerah terkait dan sekitar 40 investor dari Korea, China,Taiwan, Hongkong, Singapore, Malaysia, Jerman, Inggris, Thailand dan Republik Rakyat Tiongkok secara hybrid.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *