Dilantik Sebagai Ketua DPD GPEI Sumut, Hendrik Sitompul akan Hadirkan Sekolah Ekspor di Sumut

CORAKNEWS, MEDAN,– Ketua Umum DPP Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno , melantik Drs Hendrik H Sitompul MM sebagai Ketua DPD GPEI Sumut untuk Periode 2023 — 2028. Turut hadir Pj Gubernur Sumut Hassanudin yang diwakili Kadisperindagsu dan ESDM Mulyadi Simatupang, Walikota Medan, Sekjen DPP GPEI Toto Dirgantoro, Sejumlah Ketua DPD GPEI, Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Kepala Kantor Bea Cukai Kuala Namu, Kepala Bea Cukai Sumut, Kepala Karantina Sumut, Direktur Angkutan Lalu Lintas dan Laut, Pelindo, Graha Segara, sejumlah Asosisi diantaranya ALFI, GINSI, APBMI, Sawit, Kopi. Sementara sejumlah asosiasi dari KADiN Medan diantaranya Ketua IWAPI Kota Medan, Ketua IPEMI Kota Medan, Ketua HIPMI Kota Medan, Ketua HIPPI Kota Medan, Ketua APINDO Kota Medan dan Ketua AKLI Kota Medan.

Hendrik Sitompul dalam sambutannya menyampaikan, selaku ketua ekspor siap mendukung untuk meningkat Ekspor di Sumut. “Saya tadi sudah diskusi dengan Kadis Perindagsu dan Kadin Sumatera Utara bagaimana Sumut ini kita menghadirkan Sekolah Ekspor , ini sangat penting karena bisa jadi daya dorong bagi UMKM, pengusaha ekspor bisa lebih mengenal dan memahami proses ekspor itu,” jelas Hendrik Sitompul usai dilantik disalah satu Hotel Berbintang di Medan, Jumat (26/4/2024).

GPEI Sumut, lanjut Hendrik, siap memfasilitasi atase yang datang dari luar negeri untuk kita datangkan kesini. “Kita juga berharap, melalui Ketum GPEI, Sekjen GPEI dan Kadis perindagsu bisa kita buat pusat ekspor, jadi semua komudity nanti kita pusatkan disatu daerah. Jadi tidak perlu kemana mana dia, hanya datang disatu daerah,” harapnya. Demikian keterangan resmi yang diterima Redaksi CorakNews, Kamis (2/5/2024).

Selain itu, Ketua GPEI Sumut berharap sekali kepada Ketum DPP GPEI dan Sekjen DPP GPEI mendorong GPEI Sumut agar meningkatkan ekspor di daerah ini lebih baik lagi. “Itulah harapan kami kepada DPP GPEI agar mendorong kami, untuk kerjasama meningkatkan ekspor. Kami yakin Ketum dan Sekjen DPP GPEI
sudah banyak melakukan gerakan gerakan diseluruh Indonesia. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada ketua DPD GPEI se-Indonesia yang sudah hadir disini,” jelas Hendrik.

Menurut Hendrik, masih banyak UMKM yang harus kita dorong agar naik klassnya. “Saya yakin Bea Cukai juga bisa mendorong ini, Saya yakin Karantina bisa juga membantu, Pelindo juga, para asosiasi juga bisa melakukan gerakan ini. Dengan tingginya ekspor maka devisa kita meningkat,” harapnya.

GPEI Sumut, lanjut Hendrik, juga berharap kepada Kadinsu sebagai rumah pengusaha, untuk mendorong semua ini GPEI selaku asosiasi ekspor tetap mendukung. “Kita berharap Kadinsu sebagai kondakter dapat mendorong pengusaha utk meningkatkan ekspor, Kadiperindagsu sebagai kepala daerah atau pemerintah daerah ikut membantu. Kita pengusaha sangat senang jika kita didampingi kepala daerah atau pimpinan derah, karena kepala daerah mempunyai regulasi, dengan demikian pengusaha dapat meningkatkan ekspor dan selanjutnya akan meningkatkan kinerja pemerintah daerah,” jelas Hendrik.

Sebelumnya, Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, kenapa pelantikan digelar tahun 2024. “Karena kalau tahun 2023 nanti disebut Saya kampanye. Kenapa tahun 2024, agar independen para eksportir terjaga. Saya senang dan bangga mengemban jabatan sudah 2 periode. Intinya kita berharap eksport dari Sumut meningkat, jangan hanya CPO dan karet,” harapnya.

Ketua Umum DPP GPEI Benny Soetrisno mengatakan, ekspor dari Sumut jenis holtikultura sayur dan buah buahan. Ekspor Sumut hanya 4 persen dari Nasional 6 persen.

Benny mengakui, logistiik cost kita tinggi dan tidak kompetetif jika dibanding dengan negara tetangga seperti Thailand. “Tentu ini tugas kita bersama, dengan berkolaborasi,” harapnya.

GPEI, lanjut Benny, punya dua sekolah ekspor, pertama Jatim, satu lagi dengan menggunakan sekolah ekspor dengan menggunakan zoom yang pesertanya dari Sabang sampai Merauke peserta masing masing lima ratus mahasiswa yang masih duduk di semester lima. Yang kedua kata Benny, GPEI punya ekspor center di Jatim

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelantikan GPEI Sumut Paskalis Sitompul menyampaikan terimakasih atas kehadiran para undangan. Dan juga yang telah memberi kontribusi. “Kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyambutan,” pungkas Paskalis Sitompul.(Red/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *