Subsidi Kendaraan Listrik akan Diumumkan Senin ?

Jakarta (CN) Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan subsidi kendaraan listrik akan diumumkan minggu depan. Ada kemungkinan pengumuman itu akan dilakukan di awal pekan.

Jika tidak ada halangan, subsidi kendaraan listrik akan diumumkan pada Senin 6 Maret 2023.

“Hopefully minggu depan sudah keluar mengenai kebijakan insentif (kendaraan listrik) ya. Bukan subsidi. Insentif yang diberikan kepada motor dan mobil,” kata Luhut ditemui di kantornya, bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2023).

“Ya nanti Senin lah kita lihat,” lanjutnya.

Soal bentuk insentifnya seperti apa, Luhut enggan merinci, yang jelas pengumuman pasti akan dilakukan minggu depan.
“Bentuknya) nanti akan diumumkan tunggu saja,” sebut Luhut singkat.

Sebelumnya Menteri ESDM Arifin Tasrif sudah memastikan kebijakan pemberian subsidi untuk kendaraan listrik akan berjalan mulai Maret 2023 ini. Kepastian itu diungkap Arifin usai melakukan rapat koordinasi di kantor Luhut dengan beberapa menteri lainnya.

“Rencananya kita Maret sudah jalan nih,” kata Arifin Tasrif di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Senin (20/2/2023) yang lalu.

Dia mengatakan, subsidi ini menyasar konversi ke motor listrik, pembelian motor baru dan mobil baru. Namun, untuk mobil dia memastikan bentuknya bukan dalam wujud uang.

“Sepeda motor konversi dan juga motor baru juga ada, kendaraan roda empat juga ada tapi bukan uang,” katanya.

Arifin menyebut dengan pemberian subsidi motor listrik ini diharapkan membantu masyarakat memiliki kendaraan listrik dengan harga yang terjangkau.

Arifin pun mengkonfirmasi, besaran subsidi untuk motor listrik sekitar Rp 7 juta. “Ya kalau sepeda motor kira-kira besarannya magnitude-nya itu,” katanya.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *